Warning: session_start(): Session callback expects true/false return value in /home/k5742481/public_html/forum/sys/CODOF/Util.php on line 84

Warning: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/cpanel/php/sessions/ea-php56) in /home/k5742481/public_html/forum/sys/CODOF/Util.php on line 84
Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal Lezat | [ Forum ] BP-PAUDNI Regional III

Sulawesi Selatan sebuah daerah propinsi yang ada dibagian selatan Pulau Sulawesi. Propinsi yang beribukota di Makassar ini terbagi dalam 21 kabupaten serta 3 kota dengan macam kekuatan wisata serta kuliner di dalamnya.

Ada di Sulawesi Selatan kamu akan dimanja dengan beberapa sajian ciri khas yang spesial yang tentu menggugah hasrat. Ingin tahu apapun sajian yang disebut?

Makanan Ciri khas Sulawesi Paling Populer

Berikut beberapa makanan ciri khas Sulawesi Selatan yang populer lezat serta harus kamu cicip waktu ada di propinsi ini :

  1. Kapurung Makanan Ciri khas Kapurung Makassar Sharing Foto by @sita_syofyan

Makanan ciri khas dari Palopo ini benar-benar populer di Makassar serta jadi salah satunya menu yang diunggulkan oleh beberapa orang. Masakan ini dibuat dari sagu yang dibuat bulatan-bulatan kecil dengan kuah berbumbu yang lezat.

Untuk meningkatkan kesenangan rasa-rasanya, kapurung diberikan bersama-sama potongan ikan, udang, serta bermacam sayuran. Benar-benar cocok disantap pada saat masih hangat.

Satu mangkuk kapurung yang lezat dapat kamu nikmati di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo yang ada di BTP, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Nasu Likku Makanan Ciri khas Nasu Likku Sulawesi Selatan Sharing Foto by @nganre_rong

Menu tradisionil ciri khas Bugis ini tawarkan kesenangan rasa yang demikian merayu. Kuliner yang memakai daging ayam kampung untuk bahan intinya ini dikenal juga dengan panggilan ayam masak lengkuas Bugis.

Gurihnya ayam kampung yang bersatu dengan bermacam bumbu rempah membuat cita rasa-rasanya makin spesial. Aroma rempah serta rasa gurih pada kuliner ini membuat lidahmu tidak berhenti untuk nikmati tiap suapannya.

Menu nasi likku yang lezat dapat kamu peroleh di Rumah Makan Nasu Likku Padaiya yang ada di Jalan Pelopor Kemerdekaan, Pai, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Coto Kuda Makanan Ciri khas Coto Kuda Sulawesi Selatan Sharing Foto by @jjs_jeneponto

Bila Makassar populer dengan coto Makassar-nya karena itu di Jeneponto, Sulawesi Selatan ada menu coto kuda yang tidak kalah merayu. Olahan daging kuda ini disebut bermanfaat untuk tingkatkan stamina.

Walau serat daging kuda mempunyai struktur yang cukup keras, tetapi rasa sensasi gurihnya masih juara. Umumnya menu ini disajikan bersama-sama ketupat serta benar-benar cocok di nikmati pada saat hangat.

Satu porsi coto kuda ciri khas Jeneponto ini dapat kamu peroleh di Coto Kuda yang ada di Monro-Monro, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Referensi yang lain ialah Warung Coto Kuda Turatea yang terdapat di Empoang, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

  1. Barobbo Makanan Ciri khas Barobbo Sulawesi Selatan Sharing Foto by @adhipanda

Bubur ciri khas Bugis ini menyediakan cita rasa yang unik sebab memakai jagung untuk bahan intinya. Satu porsi barobbo dapat kamu nikmati bersama-sama bermacam lauk untuk pelengkapnya. Seperti ikan asin, beberapa jenis sayur, perkedel, ayam goreng suwir, kacang, serta tentunya bawang goreng.

Satu porsi barobbo yang lezat dapat kamu nikmati di Warung Kapurung serta Barobbo yang ada di Jalan Pandang Raya Ruko Safira 2 No. 13, Panakkukang, Pandang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Referensi yang lain ialah Rumah Makan Kapolo yang berada di Jalan Faisal XII No. 6, Banta-Bantaeng, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Lawa Makanan Ciri khas Lawa Sulawesi Selatan Sharing Foto by @iib_khibtiya

Menu tradisionil dari Makassar ini benar-benar pas untuk kamu yang menyukai dengan kuliner eksotis. Pasalnya sajian ini dibuat dari ikan mentah.

Umumnya warga ditempat memakai suwiran daging ikan mentah yang digabung potongan jantung pisang serta merendamnya ke air jeruk nipis atau cuka sepanjang tadi malam.

Disebut untuk salad-nya orang Makassar, lawa menyediakan cita rasa gurih serta asam. Benar-benar pas untuk di nikmati bersama-sama satu mangkuk kapurung.

Untuk nikmati kekhasan rasa lawa ini kamu dapat hadir ke Rumah Makan Kapurung Kasuari yang ada di Jalan Kasuari No. 2, Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Pacco’ Makanan Ciri khas Pacco Sulawesi Selatan Sharing Foto by Idntimes. com

Hampir sama juga dengan lawa, pacco’ yang disebut makanan ciri khas Luwu, Sulawesi Selatan ini adalah sajian ikan mentah yang pengolahannya tidak dibuat.

Proses membuatnya dengan bersihkan ikan teri fresh serta mencucinya dengan air masak. Setelah itu ditambah lagi perasan jeruk nipis serta di rendam sepanjang 10 menit.

Mengenai bumbu yang dibikin untuk meningkatkan cita rasa ikan ialah cabe, garam, serta kacang tanah goreng. Sesudah 10 menit, ikan dapat diperas serta diaduk bersama-sama bumbu yang telah disediakan.

Untuk menicipi rasa sensasi unik pada pacco’ ini kamu dapat hadir ke Lesehan Pondok Bambu Aroma Luwu’ta yang ada di Jalan Merdeka Selatan, Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

  1. Ikan Parede Makanan Ciri khas Ikan Parede Sulawesi Selatan Sharing Foto by @oktablackmore

Olahan ikan fresh ciri khas Palopo, Sulawesi Selatan ini mempunyai penampilan seperti pindang ikan dengan kuah bening atau pallumara. Umumnya kuliner ini memakai bahan ikan kakap, bandeng, lamuru, serta tipe ikan yang lain.

Rasa asam pada parede datang dari buah patikala serta potongan mangga muda, dapat dipikirkan bagaimana pecahnya cita rasa gurih, asam, serta pedas pada masakan ini.

Satu porsi parede dapat kamu peroleh di Rumah Makan Aroma Luwu yang ada di Jalan Beruang No. 63, Bonto Biraeng, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Biji Nangka Makanan Ciri khas Biji Nangka Sulawesi Selatan Sharing Foto by @laparlagimakanlagi

Walau diketahui dengan panggilan biji nangka, tetapi jajanan ini benar-benar tidak memakai buah nangka di dalamnya. Rasa sensasi manis di luar serta gurih di jadi kekhasan tertentu yang membuat lidahmu makin ingin tahu. Jajanan tradisionil ini dibuat dari kombinasi kentang serta kenari yang dihaluskan hingga teksturnya lembut merayu.

Kekhasan rasa dari kue biji nangka dapat kamu peroleh di Mama Toko Kue serta Es Cream yang ada di Jalan Seruni No. 19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Atau di Mama Toko Kue serta Es Cream yang ada di Jalan Berbau Mangga No. 9, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Cindolo Na Tape Makanan Ciri khas Cindolo Na Tape Sulawesi Selatan Sharing Foto by @warung_laroca

Seringkali dipersingkat dengan CinTa, makanan bercitarasa manis ini adalah salah satunya jajanan favorite warga Bugis di Pinrang. Kombinasi di antara cendol serta tape ketan hitam berasa makin merayu saat disiram dengan kuah santan serta gula merah yang manis.

Untuk nikmati satu mangkuk cinta yang beri kesegaran ini kamu dapat hadir ke Desa Patobong, Kecamatan Mattirosompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

  1. Pisang Epe Makanan Ciri khas Pisang Epe Sulawesi Selatan Sharing Foto by @ayudiahrespatih

Jajanan manis memiliki bahan pisang ini jadi salah satunya kuliner yang jangan kamu terlewat. Olahan pisang ini dibikin dengan dibakar serta dipipihkan baru selanjutnya digabung dengan kuah manis yang datang dari gula aren. Kudapan tradisionil ini banyak dipasarkan di lokasi wisata Pantai Losari Makassar serta paling nikmat disantap pada saat hangat.

Satu porsi pisang epe yang merayu dapat kamu peroleh di Pisang Epe Mandiri yang ada di Jalan Ali Malaka No. 45, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Referensi yang lain ialah Pisang Epe’ Lamadukelleng yang berada di Jalan Lamadukelleng No. 3, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

  1. Es Pisang Ijo Makanan Ciri khas Es Pisang Ijo Sulawesi Selatan Sharing Foto by @espisangijo_widoko

Olahan pisang ini adalah salah satunya jajanan tradisionil di Makassar, Sulawesi Selatan yang benar-benar terkenal. Sesuai namanya, kudapan ini dibuat dari adonan tepung obat herbal asam urat serta pewarna hijau alami yang dipakai untuk membungkus pisang. Setelah itu pisang yang telah berbalut adonan itu dikukus sampai masak.

Untuk meningkatkan kesenangan rasa-rasanya, menu ini diberikan bersama-sama vla atau bubur sumsum serta sirup DHT atau cocopandan. Sesaat untuk sensasi dinginnya dapat ditambah lagi es serut.

Satu porsi es pisang ijo dapat kamu peroleh di Warung Bravo Pisang Ijo yang ada di Jalan Andalas No. 254, Parang Layang, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Referensi yang lain ialah Warung Raja Pisang Ijo yang berada di Jalan Daeng Tata Raya, Parang Tambung, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan sebuah daerah propinsi yang ada dibagian selatan Pulau Sulawesi. Propinsi yang beribukota di Makassar ini terbagi dalam 21 kabupaten serta 3 kota dengan macam kekuatan wisata serta kuliner di dalamnya. Ada di Sulawesi Selatan kamu akan dimanja dengan beberapa sajian ciri khas yang spesial yang tentu menggugah hasrat. Ingin tahu apapun sajian yang disebut? Makanan Ciri khas Sulawesi Paling Populer Berikut beberapa makanan ciri khas Sulawesi Selatan yang populer lezat serta harus kamu cicip waktu ada di propinsi ini : 1. Kapurung Makanan Ciri khas Kapurung Makassar Sharing Foto by @sita_syofyan Makanan ciri khas dari Palopo ini benar-benar populer di Makassar serta jadi salah satunya menu yang diunggulkan oleh beberapa orang. Masakan ini dibuat dari sagu yang dibuat bulatan-bulatan kecil dengan kuah berbumbu yang lezat. Untuk meningkatkan kesenangan rasa-rasanya, kapurung diberikan bersama-sama potongan ikan, udang, serta bermacam sayuran. Benar-benar cocok disantap pada saat masih hangat. Satu mangkuk kapurung yang lezat dapat kamu nikmati di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo yang ada di BTP, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 2. Nasu Likku Makanan Ciri khas Nasu Likku Sulawesi Selatan Sharing Foto by @nganre_rong Menu tradisionil ciri khas Bugis ini tawarkan kesenangan rasa yang demikian merayu. Kuliner yang memakai daging ayam kampung untuk bahan intinya ini dikenal juga dengan panggilan ayam masak lengkuas Bugis. Gurihnya ayam kampung yang bersatu dengan bermacam bumbu rempah membuat cita rasa-rasanya makin spesial. Aroma rempah serta rasa gurih pada kuliner ini membuat lidahmu tidak berhenti untuk nikmati tiap suapannya. Menu nasi likku yang lezat dapat kamu peroleh di Rumah Makan Nasu Likku Padaiya yang ada di Jalan Pelopor Kemerdekaan, Pai, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 3. Coto Kuda Makanan Ciri khas Coto Kuda Sulawesi Selatan Sharing Foto by @jjs_jeneponto Bila Makassar populer dengan coto Makassar-nya karena itu di Jeneponto, Sulawesi Selatan ada menu coto kuda yang tidak kalah merayu. Olahan daging kuda ini disebut bermanfaat untuk tingkatkan stamina. Walau serat daging kuda mempunyai struktur yang cukup keras, tetapi rasa sensasi gurihnya masih juara. Umumnya menu ini disajikan bersama-sama ketupat serta benar-benar cocok di nikmati pada saat hangat. Satu porsi coto kuda ciri khas Jeneponto ini dapat kamu peroleh di Coto Kuda yang ada di Monro-Monro, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Referensi yang lain ialah Warung Coto Kuda Turatea yang terdapat di Empoang, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan. 4. Barobbo Makanan Ciri khas Barobbo Sulawesi Selatan Sharing Foto by @adhipanda Bubur ciri khas Bugis ini menyediakan cita rasa yang unik sebab memakai jagung untuk bahan intinya. Satu porsi barobbo dapat kamu nikmati bersama-sama bermacam lauk untuk pelengkapnya. Seperti ikan asin, beberapa jenis sayur, perkedel, ayam goreng suwir, kacang, serta tentunya bawang goreng. Satu porsi barobbo yang lezat dapat kamu nikmati di Warung Kapurung serta Barobbo yang ada di Jalan Pandang Raya Ruko Safira 2 No. 13, Panakkukang, Pandang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Referensi yang lain ialah Rumah Makan Kapolo yang berada di Jalan Faisal XII No. 6, Banta-Bantaeng, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 5. Lawa Makanan Ciri khas Lawa Sulawesi Selatan Sharing Foto by @iib_khibtiya Menu tradisionil dari Makassar ini benar-benar pas untuk kamu yang menyukai dengan kuliner eksotis. Pasalnya sajian ini dibuat dari ikan mentah. Umumnya warga ditempat memakai suwiran daging ikan mentah yang digabung potongan jantung pisang serta merendamnya ke air jeruk nipis atau cuka sepanjang tadi malam. Disebut untuk salad-nya orang Makassar, lawa menyediakan cita rasa gurih serta asam. Benar-benar pas untuk di nikmati bersama-sama satu mangkuk kapurung. Untuk nikmati kekhasan rasa lawa ini kamu dapat hadir ke Rumah Makan Kapurung Kasuari yang ada di Jalan Kasuari No. 2, Makassar, Sulawesi Selatan. 6. Pacco’ Makanan Ciri khas Pacco Sulawesi Selatan Sharing Foto by Idntimes. com Hampir sama juga dengan lawa, pacco’ yang disebut makanan ciri khas Luwu, Sulawesi Selatan ini adalah sajian ikan mentah yang pengolahannya tidak dibuat. Proses membuatnya dengan bersihkan ikan teri fresh serta mencucinya dengan air masak. Setelah itu ditambah lagi perasan jeruk nipis serta di rendam sepanjang 10 menit. Mengenai bumbu yang dibikin untuk meningkatkan cita rasa ikan ialah cabe, garam, serta kacang tanah goreng. Sesudah 10 menit, ikan dapat diperas serta diaduk bersama-sama bumbu yang telah disediakan. Untuk menicipi rasa sensasi unik pada pacco’ ini kamu dapat hadir ke Lesehan Pondok Bambu Aroma Luwu’ta yang ada di Jalan Merdeka Selatan, Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. 7. Ikan Parede Makanan Ciri khas Ikan Parede Sulawesi Selatan Sharing Foto by @oktablackmore Olahan ikan fresh ciri khas Palopo, Sulawesi Selatan ini mempunyai penampilan seperti pindang ikan dengan kuah bening atau pallumara. Umumnya kuliner ini memakai bahan ikan kakap, bandeng, lamuru, serta tipe ikan yang lain. Rasa asam pada parede datang dari buah patikala serta potongan mangga muda, dapat dipikirkan bagaimana pecahnya cita rasa gurih, asam, serta pedas pada masakan ini. Satu porsi parede dapat kamu peroleh di Rumah Makan Aroma Luwu yang ada di Jalan Beruang No. 63, Bonto Biraeng, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 8. Biji Nangka Makanan Ciri khas Biji Nangka Sulawesi Selatan Sharing Foto by @laparlagimakanlagi Walau diketahui dengan panggilan biji nangka, tetapi jajanan ini benar-benar tidak memakai buah nangka di dalamnya. Rasa sensasi manis di luar serta gurih di jadi kekhasan tertentu yang membuat lidahmu makin ingin tahu. Jajanan tradisionil ini dibuat dari kombinasi kentang serta kenari yang dihaluskan hingga teksturnya lembut merayu. Kekhasan rasa dari kue biji nangka dapat kamu peroleh di Mama Toko Kue serta Es Cream yang ada di Jalan Seruni No. 19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Atau di Mama Toko Kue serta Es Cream yang ada di Jalan Berbau Mangga No. 9, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 9. Cindolo Na Tape Makanan Ciri khas Cindolo Na Tape Sulawesi Selatan Sharing Foto by @warung_laroca Seringkali dipersingkat dengan CinTa, makanan bercitarasa manis ini adalah salah satunya jajanan favorite warga Bugis di Pinrang. Kombinasi di antara cendol serta tape ketan hitam berasa makin merayu saat disiram dengan kuah santan serta gula merah yang manis. Untuk nikmati satu mangkuk cinta yang beri kesegaran ini kamu dapat hadir ke Desa Patobong, Kecamatan Mattirosompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. 10. Pisang Epe Makanan Ciri khas Pisang Epe Sulawesi Selatan Sharing Foto by @ayudiahrespatih Jajanan manis memiliki bahan pisang ini jadi salah satunya kuliner yang jangan kamu terlewat. Olahan pisang ini dibikin dengan dibakar serta dipipihkan baru selanjutnya digabung dengan kuah manis yang datang dari gula aren. Kudapan tradisionil ini banyak dipasarkan di lokasi wisata Pantai Losari Makassar serta paling nikmat disantap pada saat hangat. Satu porsi pisang epe yang merayu dapat kamu peroleh di Pisang Epe Mandiri yang ada di Jalan Ali Malaka No. 45, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Referensi yang lain ialah Pisang Epe’ Lamadukelleng yang berada di Jalan Lamadukelleng No. 3, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 11. Es Pisang Ijo Makanan Ciri khas Es Pisang Ijo Sulawesi Selatan Sharing Foto by @espisangijo_widoko Olahan pisang ini adalah salah satunya jajanan tradisionil di Makassar, Sulawesi Selatan yang benar-benar terkenal. Sesuai namanya, kudapan ini dibuat dari adonan tepung [obat herbal asam urat](https://herbaltv.co.id/ "obat herbal asam urat") serta pewarna hijau alami yang dipakai untuk membungkus pisang. Setelah itu pisang yang telah berbalut adonan itu dikukus sampai masak. Untuk meningkatkan kesenangan rasa-rasanya, menu ini diberikan bersama-sama vla atau bubur sumsum serta sirup DHT atau cocopandan. Sesaat untuk sensasi dinginnya dapat ditambah lagi es serut. Satu porsi es pisang ijo dapat kamu peroleh di Warung Bravo Pisang Ijo yang ada di Jalan Andalas No. 254, Parang Layang, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Referensi yang lain ialah Warung Raja Pisang Ijo yang berada di Jalan Daeng Tata Raya, Parang Tambung, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
72
views
0
replies
1
followers
live preview
enter atleast 10 characters
WARNING: You mentioned %MENTIONS%, but they cannot see this message and will not be notified
Saving...
Saved
All posts under this topic will be deleted ?
Pending draft ... Click to resume editing
Discard draft